Langsung ke konten utama
Selamat datang di Blog KanalKosong | [BARU] Baca: Kurikulum Prototipe 2022 Kayaknya Bagus dan Menyenangkan | Contact Us if find content such as, pictures, photos, articles, or videos that you think are problematic on this blog. We make sure that will be fixed quickly | Dilarang menyalin, menggandakan, elemen berupa tulisan, gambar/foto, dan video apapun dari blog ini tanpa meyantumkan link dan sumber. Dilarang mengambil artikel, gambar, video, foto, apapun dari blog ini untuk tujuan komersial
-----

LEBIH BAIK MASUK SMA ATAU SMK ?, INI JAWABANNYA



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Setelah lulus dari SMP, untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi kita wajib menentukan terlebih dahulu kita mau masuk ke sekolah yang seperti apa.

Ada banyak jenis sekolah yang bisa dipilih diantaranya, SMA, SMK, Madrasah Aliyah, Madrasah Aliyah Kejuruan, dan lainnya. Namun secara umum, pilihan yang paling banyak dilirik oleh anak-anak lulusan SMP biasanya adalah SMA dan SMK.

Setiap sekolah memiliki cara belajar yang berbeda. Misalnya kita ambil contoh antara SMA dan SMK, keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Perbedaan itu bisa dilihat dari jumlah jurusan, fasilitas sekolah, dan lainnya.

Memilih sekolah yang tepat adalah suatu hal yang sangat penting. Memilih sekolah artinya bukan hanya sekadar “memilih sekolah”. Memilih sekolah sama artinya dengan memilih jalan hidup yang akan kamu tempuh di masa depan nanti.

Mungkin itulah alasan mengapa ada banyak sekali orangtua yang suka ikut campur menentukan sekolah yang akan dipilih oleh anaknya. Yah, terutama setelah lulus dari SMP (dan salah satunya mungkin adalah orangtua kamu).

Saking banyaknya hal yang kita pikirkan, terkadang kita malah jadi bingung harus memilih sekolah yang mana. Kebingungan itu akhirnya membuat kita ragu, apakah sekolah yang akan kita pilih nanti adalah yang paling cocok untuk kita atau justru sebaliknya.

Mungkin kamu sebelum ke blog ini juga sudah mencari tahu di website yang lain tapi masih belum juga menemukan jawaban yang memuaskan. Aku paham dengan kegelisahan yang kamu rasakan, karena sebelumnya aku juga pernah mengalaminya. Oleh karena itu, aku memutuskan untuk membuat artikel ini.

Artikel ini sebenarnya secara khusus disusun untuk membantu kamu yang sedang kebingungan memikirkan “mending SMA atau SMK”, tapi bisa juga dipakai untuk kamu yang sedang kebingungan memikirkan ingin masuk ke sekolah yang lain

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih sekolah yang cocok untuk kamu.

1. APA CITA-CITA KAMU ?
Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memilih sekolah adalah tentukan terlebih dahulu apa cita-cita kamu. Mungkin ini terlihat sepele yah, biar aku jelaskan mengapa menentukan cita-cita itu penting.

Sebelum kamu bingung memikirkan sekolah mana yang akan dipilih, ada baiknya kamu sudah memutuskan ingin jadi apa di masa depan nanti. Agar kamu bisa membuat langkah yang lebih jelas dari sekarang.

Dengan memiliki cita-cita, secara otomatis kamu akan terpacu semangatnya dalam belajar karena kamu memiliki mimpi yang ingin kamu raih. Selanjutnya, memilih sekolah pun akan jadi lebih mudah. Carilah sekolah yang memiliki jurusan yang paling berhubungan dengan cita-cita kamu itu.

2. APA MINAT KAMU ?
Kalo sampai sekarang kamu masih belum juga punya cita-cita, tidak masalah. Bagi beberapa orang menentukan cita-cita memang sedikit rumit. Bahkan ada juga yang baru punya cita-cita disaat sudah memiliki pekerjaan saking bingungnya menentukan cita-cita.

Jadi tidak usah terburu-buru, dibawa santai saja. Kamu bisa mengabaikannya dengan mulai beralih ke hal yang kamu suka.

Kamu bisa menentukan sekolah mana yang cocok untukmu berdasarkan hal atau sesuatu yang kamu suka yaitu, sesuatu yang bisa membuatmu tertarik dan tidak bosan-bosan untuk mempelajarinya. Carilah sekolah yang memiliki jurusan yang paling berhubungan dengan hal yang kamu sukai itu.

3. CARA BELAJAR SEPERTI APA YANG LEBIH KAMU SUKA ?
Yang ketiga adalah cara belajar. Seperti yang sudah disinggung diawal artikel ini, SMA dan SMK itu sangat berbeda. Salah satunya adalah terkait dengan cara belajar yang diterapkan keduanya.

Jika nanti kamu masuk ke SMA maka, sebagian besar waktu kamu akan dihabiskan di dalam ruang kelas. Sebaliknya, jika kamu masuk ke SMK maka, sebagian besar waktu kamu akan dihabiskan di ruang praktek.

Jadi cara belajar seperti apa yang lebih kamu suka. Kalau kamu adalah tipe anak yang suka belajar dengan membaca dan menulis, beropini, atau diskusi, aku sarankan sebaiknya kamu masuk ke SMA. Kalo kamu adalah tipe anak yang lebih suka belajar sambil praktek langsung, aku sarankan masuk ke SMK. Tapi itu semua kembali ke diri kamu sendiri, aku disini hanya menyarankan saja.

4. KONSEP ATAU SKILL ?
Coba kamu pikirkan kembali baik-baik, apa yang ingin kamu pelajari dan kuasai. Apakah kamu lebih tertarik belajar tentang konsep-konsep ilmu pengetahuan atau lebih tertarik untuk mengembangkan kemampuan (Skill) pada satu bidang tertentu saja.

Kalau masuk SMA, kamu akan lebih banyak mempelajari konsep-konsep mata pelajaran yang bersifat umum dan tidak akan diberi bekal skill apapun. Setelah lulus nanti kamu mungkin memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dan tahu akan banyak hal tetapi tidak punya skill apa-apa.

Kalau SMK sebaliknya, di setiap jurusan materi yang dipelajari lebih fokus dan khusus ke bidang peminatannya. Selain itu, kemampuan (skill) lebih diutamakan dari pada pengetahuanmu tentang teori. Makanya di SMK lebih banyak belajar secara praktikum.

Jadi, tidak heran jika sebagian besar lulusan SMK sudah punya kemampuan yang cukup baik dalam satu bidang tertentu tidak seperti anak SMA. Meskipun mungkin, dalam hal pengetahuan umum kurang menguasai.

5. APA TUJUANMU SETELAH LULUS ?
Selanjutnya mari kita membahas tujuanmu setelah lulus dari SMA atau SMK nanti. Apakah kamu ingin langsung bekerja atau kamu ingin sekolah lagi alias kuliah ke perguruan tinggi.

Kalau tujuan kamu setelah lulus nanti adalah agar bisa punya bekal kemampuan yang cukup untuk terjun ke dunia kerja maka, SMK adalah jawabannya. Kamu akan dilatih agar nantinya siap untuk bekerja sesuai bidang keahlian yang kamu pelajari di jurusan yang kamu pilih.

Kalo kamu berniat untuk melanjutkan sekolah lagi alias kuliah setelah lulus nanti maka, sebaiknya masuklah ke SMA. Masuk ke SMA akan mempermudah kamu untuk menghadapi ketatnya tes seleksi masuk perguruan tinggi.

Berikutnya, pertanyaan yang pasti muncul di kepala kamu adalah "Kalo Aku masuk ke SMK apakah aku bisa lanjut ke Perguruan Tinggi ?", Jawabannya tentu saja bisa.

Hanya saja untuk bisa mengikuti serangkaian tesnya itu kamu harus belajar lebih rajin dan lebih keras dari mereka yang sekolah di SMA. Karena materi yang diujikan kebanyakan adalah materi SMA.

Kamu harus rela meluangkan lebih banyak waktumu untuk belajar mapel-mapel SMA. Makanya, aku disini menyarankan untuk masuk ke SMA kalo kamu mau lanjut ke Perguruan Tinggi (terutama negeri).

Oke akhirnya kita sampai juga diakhir artikel ini. Itu tadi adalah hal-hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih sekolah. SMA dan SMK punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah yang paling sesuai untuk dirimu, yang paling terbaik menurut kamu.

Sekali lagi aku ingatkan, pertimbangan tadi hanya sebuah saran yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadiku. Beberapa juga hanya sebuah opini pribadi. Jadi, kalau kamu nggak setuju dengan tulisan di artikel ini dan punya pendirian sendiri tidak apa-apa, kamu bisa mengabaikannya.

Terima kasih yaa udah membaca artikel ini. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat untukmu. Kalau sobat mau menyampaikan baik itu kritik, saran, maupun pendapat, tentang blog atau artikel ini, jangan malu apalagi ragu silahkan tulis di kolom komentar di bawah okeey 👍.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Baca Juga yang satu ini :

Komentar

  1. kak, kalo SMA itu nanti harus masuk ke perguruan tinggi kah?
    dan katanya kalo ga masuk univ/perguruan tinggi nanti susah cari kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah. kalau SMK cari kerjanya itu mudah

      Hapus
    2. Iya bener enakan masuk sekolah SMK menurutku

      Hapus
  2. Mungkin semua tergantung dari minat siswa sendiri² sih gabisa di paksain minat bakat nya di SMA / SMK

    BalasHapus
  3. kak, apakah benar klo kita masuk smk lalu keingin kerja duluu baruu setalah itu lanjut ke perguruan tinggi itu tidak bisaa??

    BalasHapus
  4. Kak jika masuk SMA trus langsung kerja itu bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kok, tergantung kamu mau kerja apa. Banyak yang buka lowongan untuk lulusan SMA. Tetapi kalo niatmu bukan cuma kerja alias "meniti karir" ya agak susah.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama. Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Aga

HAL-HAL YANG HARUS KAMU TAHU DARI JURUSAN BAHASA DI SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA, SMK, atau MA setelah lulus dari SMP atau MTs, memilih jurusan yang akan dituju adalah suatu hal yang wajib sobat lakukan. Jurusan kalau diibaratkan mirip seperti sebuah gerbong kereta yang melindungi sekaligus membawa para penumpangnya agar sampai di tempat yang ingin dituju dengan aman dan nyaman. Bedanya kalau gerbong kereta mengantarkan penumpangnya ke sebuah tempat sedangkan jurusan “mengantarkan penumpangnya” menuju masa depan yang diinginkan.  Oleh karena itu, mengingat pentingnya memilih jurusan ini jangan sampai sobat semua memilih “gerbong” yang salah, bisa-bisa nanti nyasar di stasiun yang salah ( hiyahiyahiya 😁). Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang akan dimasuki, carilah informasi sebanyak mungkin tentang seperti apa jurusan yang akan dipilih itu. Pilihl

AYO BERKENALAN DENGAN JURUSAN IPS DI SMA

(Sumber Gambar/Image Source :  https://blog.4tests.com/ged-social-studies-study-prepare/ ) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan membahas tentang salah  satu jurusan di SMA yaitu IPS.  Mungkin sebagian besar dari sobat semua saat ini ada yang mau lulus dari SMP dan sebentar lagi akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu SMA. Akan tetapi sampai sekarang merasa masih bingung dan galau apa sih jurusan yang tepat buat sobat pilih di SMA nanti, apakah IPA, IPS atau Bahasa. Oleh karena itu agar kalian bisa lebih mendapatkan pencerahan ( haha emang gelap sampe harus dicerahin, becanda ), aku memutuskan untuk menulis artikel ini khusus buat kalian. Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun

KENALI LEBIH DEKAT JURUSAN IPA DI SMA SEBELUM MENDAFTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Di postingan sebelumnya aku sudah menjelaskan dengan rinci tentang seperti apa sih jurusan IPS di SMA yang bisa kalian cek dibawah kolom komentar. Nah untuk postingan kali ini aku akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yang bisa dibilang banyak diminati. Yah, apalagi kalau bukan jurusan IPA. Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA. Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini. Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "ngga

MEMILIH SEKOLAH, IKUT ORANG TUA ATAU PILIHAN SENDIRI ?

Photo by  Tatiana Syrikova  from  Pexels Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Pada Tulisan kali ini sesuai dengan judul, aku akan membahas mengenai masalah mendaftar sekolah tetapi ikut pilihan orang tua. Bagi beberapa anak, sepertinya ini menjadi dilema tersendiri. Makanya disini aku coba memberikan sedikit pendapatku melalui artikel ini. Salah satu hal yang mungkin paling sulit untuk dipikirkan setelah lulus dari jenjang sebelumnya adalah memilih sekolah (lagi).  Karena untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih sekolah dan jurusan yang akan kita masuki terlebih dahulu. Biasanya kesulitan ini dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Disaat sedang bingung memikirkan, “ sebaiknya aku masuk SMA atau SMK yah ”, “ mendingan masuk  IPA atau IPS yah ”, atau “enaknya kuliah masuk jurusan apa yah” tiba-tiba orang tua kamu muncul dan bilang “ besok kamu kuliah masuk ke jurusan ini aja ”, “ Ka