Langsung ke konten utama
Selamat datang di Blog KanalKosong | [BARU] Baca: Kurikulum Prototipe 2022 Kayaknya Bagus dan Menyenangkan | Contact Us if find content such as, pictures, photos, articles, or videos that you think are problematic on this blog. We make sure that will be fixed quickly | Dilarang menyalin, menggandakan, elemen berupa tulisan, gambar/foto, dan video apapun dari blog ini tanpa meyantumkan link dan sumber. Dilarang mengambil artikel, gambar, video, foto, apapun dari blog ini untuk tujuan komersial
-----

AYO BERKENALAN DENGAN JURUSAN IPS DI SMA


Gambar terkait
(Sumber Gambar/Image Source : https://blog.4tests.com/ged-social-studies-study-prepare/)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yaitu IPS. Mungkin sebagian besar dari sobat semua saat ini ada yang mau lulus dari SMP dan sebentar lagi akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu SMA. Akan tetapi sampai sekarang merasa masih bingung dan galau apa sih jurusan yang tepat buat sobat pilih di SMA nanti, apakah IPA, IPS atau Bahasa.

Oleh karena itu agar kalian bisa lebih mendapatkan pencerahan (haha emang gelap sampe harus dicerahin, becanda), aku memutuskan untuk menulis artikel ini khusus buat kalian.

Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun.

Oleh karena itu penting sekali untuk mencari informasi tentang suatu jurusan dan penting sekali untuk mengetahui passion kamu agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari.

Yang perlu kalian ketahui pada dasarnya semua jurusan itu sama yaitu, sama-sama ilmu pengetahuan. Hanya ranah pembahasannya saja yang berbeda-beda.

Seringkali ada yang menjelek-jelekkan suatu jurusan ada yang bilang jurusan itu pelajarannya gampanglah, ada yang bilang jurusan ini  ga pentinglah, anak-anaknya nakal, bodo, dan lain lainnya.

Yang padahal belum tentu orang itu benar-benar mengetahui jurusan tersebut, dan sekali lagi pilihlah jurusan sesuai passion kamu agar kamu tidak menyesal nantinya.

Disni saya akan menjelaskan tentang salah satu jurusan di SMA yaitu IPS, yang mungkin dapat menjadi referensi kamu untuk memilih jurusan di SMA nanti, Oke kalau begitu langsung saja ke topik utamanya.


  • JURUSAN IPS ITU APA SIH ?
Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih belum tau apa itu jurusan IPS. Secara singkat jurusan IPS di SMA adalah sebuah wadah bagi mereka yang tertarik dan ingin mempelajari tentang hubungan antar manusia dan hubungan antara manusia dengan lingkungannya serta berbagai aspek sosial lainnya melalui berbagai mapelnya.

Bedanya dengan jurusan IPA adalah kalau di IPA yang dipelajari adalah manusia dan alam itu sendiri, contohnya struktur tumbuhan, struktur tubuh manusia, dan lainnya.

Kalo IPS yang dipelajari adalah interaksinya, jadi segala hal yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dengan alam maupun antara manusia dengan manusia itu masuk di jurusan ini sobat.

Dan nanti di jurusan Bahasa juga lain lagi yang di pelajari. Jurusan IPS terbagi dalam empat disiplin ilmu peminatan yang masing-masing memiliki kekhasannya sendiri.

Oke kalau begitu mari kita lanjut membahas materi pelajaran/peminatan apa aja sih yang di pelajari di jurusan IPS itu. Cekidoot..

  • SOSIOLOGI
Yang pertama adalah sosiologi, disini kalian akan mendalami tentang interaksi sosial, gejala sosial, kelompok sosial, perubahan sosial, penelitian sosial, macam konflik sosial beserta cara menyelesaikannya, dan masih banyak lagi. Pokoknya segala macam hal yang ada sosial-sosialnya.

Kalo kamu orang yang suka tentang hal-hal yang berbau sosial, konflik, dan segala hal yang terjadi dekat dengan lingkungan sekitar kita, aku jamin deh kamu pasti akan sangat menikmati hidangan sosiologi itu.

Pelajaran sosiologi ini adalah pelajaran yang dinamis, artinya berkembang mengikuti perubahan jaman, jadi materi yang dipelajari akan akan terus diperbarui dari masa ke masa, jadi tidak hal itu-itu saja yang dipelajari.

Dan ngomong-ngomong katanya pelajaran sosiologi ini adalah pelajaran yang diam-diam menghanyutkan sobat, jadi kelihatannya memang gampang tapi kalo kamu nggak serius ngehadepinnya bisa-bisa fatal sob karena pelajaran ini membutuhkan kemampuan analisis yang tinggi.

  • EKONOMI
Nah ini nih pelajaran yang selalu dianggap memiliki kesulitan tingkat tinggi di jurusan IPS yaitu ekonomi.  Sesuai dengan namanya, di mapel ini kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perekonomian.

Misalnya mengenai masalah ekonomi, sistem ekonomi, inflasi harga, kebijakan ekonomi, badan usaha hingga akutansi, pokoknya segala hal yang berhubungan dengan uang dan transaksi jual beli.

Dalam mapel peminatan ini juga terdapat hitung-hitungannya loh, tepatnya di materi akutansi dan lumayan banyak. Jadi kalo kamu yang gak suka hitung menghitung mungkin harus mulai belajar lebih giat lagi biar gak kewalahan.

Adanya materi hitungan ini juga membuktikan bahwa IPS adalah jurusan yang bukan hanya berisi mapel-mapel bertipe "hafalan".

Selain itu, adanya materi akutansi di mapel ekonomi ini membuat kita tidak heran jika banyak yang bilang pelajaran ekonimi ini punya tingkat kesulitan yang tinggi bagi anak-anak di jurusan IPS.

Tetapi tenang aja, materi hitung menghitung dalam mapel ini masih tergolong lebih sederhana dibandingkan materi hitung-menghitung di mapel matematika, yang penting teliti aja pasti bakal bisa.

Buat yang kelak ingin menjadi seorang akuntan, usahawan, dan suka segala hal yang berhubungan dengan uang atau jual beli, pasti akan enjoy mempelajari itu semua.

Selain itu yang terpenting, dengan mempelajari mapel ekonomi ini kalian bisa lebih paham dan mengenal lebih dekat tentang bagaimana dunia ekonomi itu berjalan dan bekerja secara teori.

  • GEOGRAFI
Berikutnya adalah mapel Geografi. Sekedar info, materi dalam pelajaran ini sebenarnya lebih mengarah ke dalam rumpun IPA namun ini dimasukkan dalam jurusan IPS.

Oleh karena itu, tentu "suasananya" akan sedikit berbeda dengan pelajaran yang lainnya di jurusan IPS ini yang mayoritas sangat kental dengan hal-hal berbau sosial.

Buat kamu yang suka penasaran tentang bumi kita tercinta ini dan ingin mengetahui segala hal yang ada di dalamnya, pasti akan sangat menyukai pelajaran ini.

Sesuai dengan namanya "Geo" yang artinya bumi, kamu di mapel ini akan mempelajari banyak hal tentang dan yang msih berkaitan dengan bumi.

Mulai dari lapisan paling luar sampai isi-isinya, ke inti bumi seperti, lapisan atmosfer, macam-macam jenis batuan, keragaman flora dan fauna, apa itu desa dan kota, lapisan kulit bumi, dan sebagainya.

Meskipun mapel ini namanya "Geo", disini kalian juga akan mempelajari tentang pembentukan planet, jagat raya dan lain lain. Jadi tidak hanya bumi saja yang dipelajari bahkan luar angkasa pun dipelajari.

Kalau aku sih berani bilang, nggak rugi deh pokoknya kalau masuk ke jurusan IPS.

  • SEJARAH
Berikutnya yang keempat sekaligus yang terakhir adalah sejarah. Disini kalian akan mempelajari dan mendalami tentang sejarah penting baik di dunia dan di indonesia dan tentu dengan amat-amat detail.

Kalian akan mempelajari mulai dari, perang dunia 1 dan 2, sejarah perjalanan negeri kita tercinta NKRI, hubungan peristiwa di berbagai belahan dunia dengan sejarah bangsa kita, dan masih banyak lagi.

Banyak yang kesulitan buat mempelajari pelajaran ini, ada yang bilang karena hafalannya banyaklah, ada yang nggak mudeng lah, ada yang bilang pelajarannya ngantukin lah, mbosenin lah dan lain-lain.

Tapi buat kalian yang sangat suka mempelajari sejarah dan penasaran dengan sejarah seperti apa sih yang membentuk dunia kita hingga seperti pada hari ini. Aku yakin kalian akan dibuat ketagihan untuk mempelajarinya, karena banyak sekali peristiwa menakjubkan di dunia ini.


Oke itu adalah pembahasan tentang jurusan IPS lengkap dengan penjelasan per pelajaran peminatan yang ada di dalamnya. 

Semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat untuk kita semua pada umumnya dan untuk adik-adik yang akan memasuki jenjang SMA pada khususnya, dan dapat dijadikan referensi bagi kalian untuk memilih jurusan di SMA.

Apabila ada kekurangan dan kekeliruan dalam penjelasan diatas saya mohon maaf, thank you ya buat yang sudah membaca. 😊

Akhir kata, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

apabila ada yang mau memberikan kritik, saran, masukan, pendapat silahkan tulis di kolom komentar dibawaaahhh.

Baca Juga yang satu ini :

Komentar

  1. Balasan
    1. 👍 makasih juga yaa gan sudah mampir kesini

      Hapus
  2. Waalaikum SalamWarahmatullahi Wabarakatuh,
    Thank You, buat kakak
    yang sudah Buat Web yg bermanfaat ini.
    Saya jadi semangat buat masuk SMA di Jurusan
    IPS nanti, tahun ini saya Kelas 9 SMP dan
    sebentar lagi akan melanjutkan studi di
    salah satu SMA di sini.
    Sekali lagi TerimaKasih...

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah
      Alhamdulillah kalau bermanfaat, terima kasih juga yaa sudah mampir di blog ini 😊

      Hapus
  3. Terimakasih kak, dengan cara penyampaian yang sesuai, munurut saya. Saya terbantu untuk memilih jurusan untuk masuk ke jenjang SMA.

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak,aku sangat terbantu

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh makasih kak

    BalasHapus
  6. Makasii kakk sangat membantuu

    BalasHapus
  7. Sangat Bermanfaat. Terimakasih kak.

    BalasHapus
  8. Terimakasih kak..saya jadi yakin sekarang

    BalasHapus
  9. Terimakasih kak..saya jadi yakin sekarang

    BalasHapus
  10. alhamdulillah... jazakallah khair kak! sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum admin saya ingin bertanya.

    Saya ingin masuk IPA tapi keluarga saya teringin masuk IPS, itu gimana ya min cara mengatasi nya tolong

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum kak makasih infonya ya kbtulan Lgi nyari jutusan yg cocok eh untung ada nih makasih banyak kak.

    BalasHapus
  13. Pemikiran nya sangat luas dan tidak terlalu tegang kalau belajar

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Kak kalo pengen jadi koki lebih menjurus ke ipa atu ips ya??

    BalasHapus
  16. Kak, untuk pelajaran SMA kan udh kakak sampaikan, nah ada yang bilang kalo pelajaran SMA hampir sama SMP, kalau pelajarannya aja sama buat apa ada penjurusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjurusan di SMA itu buat lebih mendalami lagi ilmu yang didapat di SMP, baik IPA maupun IPS. Kamu dibikin fokus untuk belajar satu rumpun ilmu aja selama 3 tahun, iya kamu tetep belajar ilmu yang lain tapi porsinya lebih sedikit. Beda sama di SMP yang semua dipelajari dan porsinya dibikin rata. Juga di SMA itu kamu melanjutkan materi yang udah dipelajari di SMP jadi ngga sama yah :)

      Hapus
  17. Terimakasih kak, pembahasannya cukup detail dan mudah dipahami,dengan ini saya sudah dapat gambaran untuk memilih sekolah kedepannya

    BalasHapus
  18. Maksih ya kak udah bikin semangat

    BalasHapus
  19. Maksih ya kak udah bikin semangat

    BalasHapus
  20. Kak masukin sekolah sma yg ada jurusan IPS dong

    BalasHapus
  21. Terima ksih kah aku tahun ini masuk sma angkatan Corona thank.s lah saya memang mau lebih mendalami ilmu tentang ips jual beli. 👍

    BalasHapus
  22. Ka kalo ga suka pelajaran hitungan² bgus Msuk dijurusan apa kak yng gaada hitungan nya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama. Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Aga

HAL-HAL YANG HARUS KAMU TAHU DARI JURUSAN BAHASA DI SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA, SMK, atau MA setelah lulus dari SMP atau MTs, memilih jurusan yang akan dituju adalah suatu hal yang wajib sobat lakukan. Jurusan kalau diibaratkan mirip seperti sebuah gerbong kereta yang melindungi sekaligus membawa para penumpangnya agar sampai di tempat yang ingin dituju dengan aman dan nyaman. Bedanya kalau gerbong kereta mengantarkan penumpangnya ke sebuah tempat sedangkan jurusan “mengantarkan penumpangnya” menuju masa depan yang diinginkan.  Oleh karena itu, mengingat pentingnya memilih jurusan ini jangan sampai sobat semua memilih “gerbong” yang salah, bisa-bisa nanti nyasar di stasiun yang salah ( hiyahiyahiya 😁). Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang akan dimasuki, carilah informasi sebanyak mungkin tentang seperti apa jurusan yang akan dipilih itu. Pilihl

KENALI LEBIH DEKAT JURUSAN IPA DI SMA SEBELUM MENDAFTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Di postingan sebelumnya aku sudah menjelaskan dengan rinci tentang seperti apa sih jurusan IPS di SMA yang bisa kalian cek dibawah kolom komentar. Nah untuk postingan kali ini aku akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yang bisa dibilang banyak diminati. Yah, apalagi kalau bukan jurusan IPA. Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA. Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini. Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "ngga

MEMILIH SEKOLAH, IKUT ORANG TUA ATAU PILIHAN SENDIRI ?

Photo by  Tatiana Syrikova  from  Pexels Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Pada Tulisan kali ini sesuai dengan judul, aku akan membahas mengenai masalah mendaftar sekolah tetapi ikut pilihan orang tua. Bagi beberapa anak, sepertinya ini menjadi dilema tersendiri. Makanya disini aku coba memberikan sedikit pendapatku melalui artikel ini. Salah satu hal yang mungkin paling sulit untuk dipikirkan setelah lulus dari jenjang sebelumnya adalah memilih sekolah (lagi).  Karena untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih sekolah dan jurusan yang akan kita masuki terlebih dahulu. Biasanya kesulitan ini dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Disaat sedang bingung memikirkan, “ sebaiknya aku masuk SMA atau SMK yah ”, “ mendingan masuk  IPA atau IPS yah ”, atau “enaknya kuliah masuk jurusan apa yah” tiba-tiba orang tua kamu muncul dan bilang “ besok kamu kuliah masuk ke jurusan ini aja ”, “ Ka