Langsung ke konten utama
Selamat datang di Blog KanalKosong | [BARU] Baca: Kurikulum Prototipe 2022 Kayaknya Bagus dan Menyenangkan | Contact Us if find content such as, pictures, photos, articles, or videos that you think are problematic on this blog. We make sure that will be fixed quickly | Dilarang menyalin, menggandakan, elemen berupa tulisan, gambar/foto, dan video apapun dari blog ini tanpa meyantumkan link dan sumber. Dilarang mengambil artikel, gambar, video, foto, apapun dari blog ini untuk tujuan komersial
-----

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah.

Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama.

Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12." (https://id.wikipedia.org)

Madrasah Aliyah adalah jenjang pendidikan formal yang posisinya atau tingkatannya setara dengan SMA. Selain itu, MA adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama. 

Madrasah Aliyah ini ada yang swasta (dimiliki oleh yayasan/badan/perseorangan) dan ada yang negeri (dimiliki oleh negara). Jadi tidak semua Madrasah Aliyah dimiliki oleh negara sama seperti SMA ada yang negeri dan ada yang swasta. Untuk madrasah yang dimiliki oleh negara namanya adalah Madrasah Aliyah Negeri atau biasa disingkat MAN

Itu tadi sedikit penjelasan tentang MA yang perlu kalian ketahui. Selanjutnya mari kita pahami perbedaan antara Madrasah Aliyah (MA) ini dengan SMA. Banyak orang yang menganggap kalau MA itu sama dengan SMA, dan tidak bisa membedakan antara keduanya. Biasanya alasan mereka yang bilang begitu didasari oleh persamaan jurusan yang ada di SMA yang juga ada di MA. Tetapi ada beberapa hal yang membedakan MA dengan SMA yang jarang orang ketahui yaitu, diantaranya :

          1. DIKELOLA KEMENTERIAN AGAMA
Umum yang kita tahu, instansi pendidikan seperti SMA, SMK, SMP dan sederajat pasti ada di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Tapi ternyata tidak semuanya begitu, contohnya seperti Madrasah Aliyah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Madrasah adalah lembaga pendidikan yang posisinya berada di bawah naungan kementerian agama. Berbeda dengan sekolah-sekolah umum yang lain.

Jadi, Kementerian Agama lah yang mengurus dan mengatur segala hal yang di butuhkan oleh MA, baik itu sarana prasarana, buku pelajaran, hingga materi ajar. Meskipun begitu, dalam berbagai hal seperti dalam hal seperti, kurikulum, ujian nasional, dan standar kompetensi/ SKL tetap mengikuti kementerian pendidikan dan kebudayaan.

          2. MERUPAKAN SEKOLAH ISLAM
Madrasah Aliyah adalah sekolah umum yang dalam menjalankan kegiatan pembelajarannya disertai dengan penanaman dan penerapan nilai-nilai serta ilmu islam. Jadi, disini para siswa dilatih agar lebih terbiasa menjalankan aktvitas sambil mempraktekan ajaran islam dengan baik mulai dari hal dasar seperti, cara berpakaian, bertutur kata, beribadah.

Yang didukung suasana sekolah yang islami. Ini tentu sangat berbeda dengan SMA yang lebih menerapkan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat secara umum.Oleh karena itu MA ini bisa kita sebut sebagai sekolah islam atau sekolah yang islami.

          3. PELAJARAN AGAMANYA LEBIH BANYAK (AGAMA ISLAM)
Pelajaran agama islam di MA jam pelajarannya lebih banyak dari SMA bukan hanya jamnya, materinya pun sedikit lebih banyak dari SMA, atau lebih tepatnya lebih dalam yang dipelajari seperti fikih, Al Qur'an Hadist dan lainnya.

Berbeda dengan dengan SMA yang mungkin lebih sedikit porsinya dibanding MA. Sebenarnya materi agama yang diajarkan di SMA dan MA tidak jauh berbeda hanya saja di MA untuk materi agamanya dikembangkan dan ditambah oleh kementerian agama dari materi dasar yang sudah ditentukan dalam kurikulum. Jadi, lebih banyaklah yang harus dipelajari.
  
          4. ADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Yang keempat ada pelajaran bahasa arab yaah, bahasa arab. Adanya mapel bahasa arab inilah yang menjadi salah satu pembeda antara SMA dengan MA. Bahasa arab adalah salah satu dari tujuh mata pelajaran wajib yang diajarkan di MA.

Mapel ini tidak akan didapatkan oleh kamu apabila bersekolah di SMA karena memang, untuk sekolah formal, pelajaran ini hanya diajarkan di Madrasah (secara wajib), dan MA merupakan salah satunya.

Keberadaan mapel bahasa arab ini tentu bukan hal yang aneh karena MA adalah sekolah yang menjadikan ilmu agama sebagai ilmu utama yang harus dikuasai oleh anak-anak MA, dan kebanyakan materi yang harus dipelajari berbahasa arab jadi, untuk dapat memahami dengan baik semua materi tersebut tentu sudah sewajarnya mereka harus belajar bahasa arab juga.

          5. UAMBN
Setelah memasuki semester akhir, kelas tiga SMA sebelum dapat dinyatakan lulus kita harus mengikuti tes ujian terlebih dahulu. Hampir sama seperti yang kita alami saat kelas enam SD dan kelas tiga SMP. Umumnya ada dua ujian yang harus diikuti yaitu, ujian nasional dan ujian sekolah.

Namun, tahukah kamu kalau di Madrasah Aliyah itu berbeda. Setelah memasuki semester akhir di kelas tiga MA selain mengikuti ujian nasional dan ujian sekolah masih ada satu ujian lagi yang harus diikuti yaitu, ujian madrasah atau yang biasa dikenal UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional).

Mapel yang diujikan dalam UAMBN hanya mapel keagamaan saja, tidak termasuk mapel umum seperti matematika, bahasa inggris dan lainnya. mapel-mapel itu diantaranya, Al-Qur'an Hadist, Fikih, dan Sejarah kebudayaan Islam.

          6. JURUSAN KEAGAMAAN
Yang terakhir adalah sesuatu yang tidak akan kalian temui di SMA yaitu, jurusan keagamaan. Umumnya di SMA kita mengenal ada 3 jurusan peminatan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Kalau di MA ada empat yaitu IPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan.

Inilah yang salah satu hal lainnya yang membedakan MA dengan SMA. Jadi untuk jurusan peminatannya bisa dibilang semua jurusan peminatan yang disediakan di SMA juga ada di MA, hanya saja bedanya kalau di MA jurusannya ditambah satu yaitu, jurusan keagamaan.

Tapi satu hal yang perlu diingat, tidak semua sekolah menyediakan keempat-empatnya, terkadang karena keterbatasan tenaga pengajar dan sarana, hanya tiga diantaranya saja yang bisa disediakan oleh beberapa sekolah.

Di jurusan ini banyak mempelajari tentang ilmu-ilmu islam dan yang ilmu lain yang masih berhubungan seperti, bahasa arab, hadist, fikih, dan ilmu tafsir.

Oke, Itulah beberapa hal yang membedakan Madrasah Aliyah (MA) ini dengan SMA secara umum yang bisa kita ketahui berdasarkan dari apa yang aku tahu. Sekian dan terima kasih sudah membaca yaa. Apabila ada kritik, saran, pendapat, silahkan tulis di kolom komentar okee.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga yang satu ini :
LEBIH BAIK MASUK SMA ATAU SMK ?, INI JAWABANNYA

Komentar

  1. Assalamualaikum
    Kak saya mw nanyak ilmu Mantiq itu ilmu apa y kk?

    BalasHapus
  2. Syukron kak.. bermanfaat banget. So. Gk beda jauh lah sama SMA:)

    BalasHapus
  3. Syukron kak.. bermanfaat banget. So. Gk beda jauh lah sama SMA:)

    BalasHapus
  4. jadi kalo ambil jurusannya IPA .. bukan keagamaan ttp ada pelajaran fikih hadist kan kak?

    BalasHapus
  5. Aku suka pelejaran agama apa lebih baik aku masuk MA kak?

    BalasHapus
  6. Apa benar Sma tidak menerima siswa pindahan dari MA karena beda kurikulum??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAL-HAL YANG HARUS KAMU TAHU DARI JURUSAN BAHASA DI SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA, SMK, atau MA setelah lulus dari SMP atau MTs, memilih jurusan yang akan dituju adalah suatu hal yang wajib sobat lakukan. Jurusan kalau diibaratkan mirip seperti sebuah gerbong kereta yang melindungi sekaligus membawa para penumpangnya agar sampai di tempat yang ingin dituju dengan aman dan nyaman. Bedanya kalau gerbong kereta mengantarkan penumpangnya ke sebuah tempat sedangkan jurusan “mengantarkan penumpangnya” menuju masa depan yang diinginkan.  Oleh karena itu, mengingat pentingnya memilih jurusan ini jangan sampai sobat semua memilih “gerbong” yang salah, bisa-bisa nanti nyasar di stasiun yang salah ( hiyahiyahiya 😁). Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang akan dimasuki, carilah informasi sebanyak mungkin tentang seperti apa jurusan yang akan dipilih itu. Pilihl

AYO BERKENALAN DENGAN JURUSAN IPS DI SMA

(Sumber Gambar/Image Source :  https://blog.4tests.com/ged-social-studies-study-prepare/ ) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan membahas tentang salah  satu jurusan di SMA yaitu IPS.  Mungkin sebagian besar dari sobat semua saat ini ada yang mau lulus dari SMP dan sebentar lagi akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu SMA. Akan tetapi sampai sekarang merasa masih bingung dan galau apa sih jurusan yang tepat buat sobat pilih di SMA nanti, apakah IPA, IPS atau Bahasa. Oleh karena itu agar kalian bisa lebih mendapatkan pencerahan ( haha emang gelap sampe harus dicerahin, becanda ), aku memutuskan untuk menulis artikel ini khusus buat kalian. Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun

KENALI LEBIH DEKAT JURUSAN IPA DI SMA SEBELUM MENDAFTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Di postingan sebelumnya aku sudah menjelaskan dengan rinci tentang seperti apa sih jurusan IPS di SMA yang bisa kalian cek dibawah kolom komentar. Nah untuk postingan kali ini aku akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yang bisa dibilang banyak diminati. Yah, apalagi kalau bukan jurusan IPA. Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA. Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini. Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "ngga

MEMILIH SEKOLAH, IKUT ORANG TUA ATAU PILIHAN SENDIRI ?

Photo by  Tatiana Syrikova  from  Pexels Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Pada Tulisan kali ini sesuai dengan judul, aku akan membahas mengenai masalah mendaftar sekolah tetapi ikut pilihan orang tua. Bagi beberapa anak, sepertinya ini menjadi dilema tersendiri. Makanya disini aku coba memberikan sedikit pendapatku melalui artikel ini. Salah satu hal yang mungkin paling sulit untuk dipikirkan setelah lulus dari jenjang sebelumnya adalah memilih sekolah (lagi).  Karena untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih sekolah dan jurusan yang akan kita masuki terlebih dahulu. Biasanya kesulitan ini dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Disaat sedang bingung memikirkan, “ sebaiknya aku masuk SMA atau SMK yah ”, “ mendingan masuk  IPA atau IPS yah ”, atau “enaknya kuliah masuk jurusan apa yah” tiba-tiba orang tua kamu muncul dan bilang “ besok kamu kuliah masuk ke jurusan ini aja ”, “ Ka