Langsung ke konten utama
Selamat datang di Blog KanalKosong | [BARU] Baca: Kurikulum Prototipe 2022 Kayaknya Bagus dan Menyenangkan | Contact Us if find content such as, pictures, photos, articles, or videos that you think are problematic on this blog. We make sure that will be fixed quickly | Dilarang menyalin, menggandakan, elemen berupa tulisan, gambar/foto, dan video apapun dari blog ini tanpa meyantumkan link dan sumber. Dilarang mengambil artikel, gambar, video, foto, apapun dari blog ini untuk tujuan komersial
-----

HAL-HAL YANG HARUS KAMU TAHU DARI JURUSAN BAHASA DI SMA


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA, SMK, atau MA setelah lulus dari SMP atau MTs, memilih jurusan yang akan dituju adalah suatu hal yang wajib sobat lakukan.

Jurusan kalau diibaratkan mirip seperti sebuah gerbong kereta yang melindungi sekaligus membawa para penumpangnya agar sampai di tempat yang ingin dituju dengan aman dan nyaman.

Bedanya kalau gerbong kereta mengantarkan penumpangnya ke sebuah tempat sedangkan jurusan “mengantarkan penumpangnya” menuju masa depan yang diinginkan. 

Oleh karena itu, mengingat pentingnya memilih jurusan ini jangan sampai sobat semua memilih “gerbong” yang salah, bisa-bisa nanti nyasar di stasiun yang salah (hiyahiyahiya 😁).

Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang akan dimasuki, carilah informasi sebanyak mungkin tentang seperti apa jurusan yang akan dipilih itu.

Pilihlah yang menurut sobat sesuai dengan bakat, potensi, kesukaan, atau cita-cita yang sobat miliki. Jangan pernah memilih jurusan karena gengsi atau alasan remeh lainnya.

Karena tiga tahun adalah waktu yang tidak sebentar, jadi jangan sampai sobat malah merasa tertekan, tidak nyaman, dan kurang bahagia ketika sudah terlanjur diterima di jurusan yang sudah dipilih sendiri.

Artikel ini ditulis secara khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Secara umum jurusan di SMA dibagi menjadi tiga yaitu, IPA, IPS, dan Bahasa. Ketiganya punya keunikan dan kesulitannya sendiri yang membuatnya berbeda satu sama lain.

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang jurusan IPA dan IPS lengkap berserta mapel peminatan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu sekarang giliran membahas jurusan yang terakhir yaitu jurusan bahasa.

Jurusan bahasa singkatnya adalah sebuah wadah bagi mereka yang memiliki minat atau kemampuan lebih, khusunya dalam bidang bahasa dan sastra untuk lebih mendalami serta mengembangkan kemampuan yang mereka miliki.

Jurusan ini juga sering disebut Jurusan IBB (Ilmu Bahasa dan Budaya) atau IPB (Ilmu Pendidikan Bahasa). Seperti namanya, mapel (peminatan) yang diajarkan disini kebanyakan tentang bahasa, sisanya materi yang berkaitan dengan sosial budaya.

Tidak ada yang namanya ekonomi, geografi, biologi, apalagi fisika. kecuali, kalau dapet mapel lintas minat, pasti bakal ikut dipelajari juga.

Yang unik dari jurusan ini biasanya di setiap sekolah hanya disediakan satu atau dua kelas untuk jurusan bahasa ini. Jumlah yang sangat sedikit dibandingkan jurusan IPA dan IPS yang biasanya bisa sampai empat bahkan lima kelas di setiap sekolah. Peminat yang sedikit mungkin jadi salah satu penyebabnya.


Jurusan ini hampir selalu dianggap jurusan “buangan” dari anak-anak yang tidak bisa masuk di jurusan IPA dan IPS. Pemikiran dan stigma semacam ini yang perlu diubah. Jangan pernah menganggap jurusan bahasa itu lebih rendah dari jurusan lain apabila kamu hanya tau dari “katanya, katanya, dan katanya”.

Kalau kamu menganggap jurusan ini rendah karena pelajaran bahasa itu mudah, tidak penting, itu adalah sebuah kesalahan yang sangat sangat sangat. Karena nyatanya kita setiap hari menggunakan dan membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik untuk berbagai hal, baik itu bahasa asing seperti bahasa inggris maupun bahasa Indonesia bahkan bahasa daerah kita sendiri. Jurusan bahasa tidak seburuk yang dikatakan orang-orang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mapel yang diajarkan di jurusan ini banyak berhubungan dengan bahasa. Sekarang apakah kamu sudah mulai tertarik untuk masuk ke jurusan bahasa ?, kalau iya selanjutnya mari kita membahas bersama mapel (mata pelajaran) peminatan apa aja sih yang ada di jurusan bahasa ini.

1.  Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia
Yang pertama adalah Sastra Indonesia. disini kamu akan mempelajari bahasa Indonesia dan berbagai karya sastra ciptaan sastrawan-sastrawan Indonesia seperti, Chairil Anwar, WS. Rendra, dan lainnya.

Mulai dari cara penggunaan bahasa, dari yang kiasan seperti peribahasa atau majas hingga yang sesuai EYD dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Mempelajari dan cara membuat cerpen, novel, puisi serta berbagai bentuk karya sastra lainnya. Semuanya akan dipelajari secara mendalam.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi yang bisa kamu pelajari dan ketahui. Dengan masuk ke jurusan bahasa, wawasanmu tentang bahasa Indonesia dan terutama sastra-sastra Indonesia tentunya akan semakin luas.

Kalo kamu suka menulis, membuat atau membaca puisi, pantun, cerita-cerita bisa novel, cerpen, dongeng, sastra modern-klasik, dan lainnya, mungkin akan sangat menikmati dan menyukai pelajaran ini.

2.  Bahasa Asing
Berikutnya adalah pelajaran bahasa asing. Kalo dijurusan lain bahasa asing yang dipelajari cuma bahasa inggris di jurusan ini hal itu sudah tentu sangat tidak ber.. la... ku.. Bahasa asing merupakan mapel peminatan utama yang diberikan di jurusan bahasa.

Ada beberapa bahasa yang biasanya banyak diajarkan di sekolah-sekolah diantaranya, bahasa Jerman, Prancis, Jepang, dan Mandarin.

Setiap sekolah punya pelajaran bahasa asing yang berbeda-beda tergantung dari bahasa apa yang dipilih oleh sekolah tersebut. Bahasa asing disini akan dikenalkan dan diajarkan cara pengucapan dan penulisan yang baik dan benar, terutama yang tidak berhuruf latin seperti bahasa Jepang dan Mandarin.

Kalo kamu ingin belajar, bisa dan fasih berbahasa asing maka masuk ke jurusan bahasa bisa dijadikan pilihan utamamu. Dengan kamu masuk ke jurusan bahasa, kamu bisa memiliki kemampuan berbahasa asing yang lebih baik dan lebih banyak dari teman-temanmu di jurusan lain kalau serius belajarnya.

Entah itu kemampuan dalam bahasa Jerman, Jepang, Mandarin, atau Prancis saja. Kalo kamu beruntung kamu bahkan bisa mendapatkan dua mapel bahasa asing sekaligus, tergantung tempat kamu bersekolah.

3.  Antropologi
Terakhir adalah pelajaran yang termasuk dalam rumpun ilmu sosial yaitu antropologi. Lalu mungkin kamu penasaran seperti “sebenarnya apa sih antropologi itu?, aku gak tau, gak pernah denger kalo di SMA ada antropologi”.Oke bagi kamu yang belum tau sinih biar aku kasih tau.

Ini sebagai gambaran aja ya, Antropologi ini secara singkat adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang diri kita yaitu manusia. Mulai dari keanekaragaman sosial, budaya, bahasa, hingga agama yang dianut serta perkembangannya dari masa ke masa. Kira-kira itulah sebagian hal yang akan dipelajari dalam mapel ini di SMA nanti.

Kita manusia sebenarnya punya banyak sisi yang menarik untuk dipelajari dan diketahui salah satunya melalui ilmu antropologi. Antropologi yang dipelajari di SMA secara khusus akan lebih banyak membahas tentang keadaan masyarakat indonesia. Oleh karena itu kamu bisa punya kesempatan untuk lebih mengetahui, memahami, tentang seperti apa manusia Indonesia itu yang sesungguhnya secara luas.


Okeey sobat semua itulah sedikit pembahasan tentang seperti apa sih jurusan bahasa di SMA itu. Terima kasih sudah membaca sampai selesai aku harap artikel ini dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang baru lulus dari SMP/MTs dan berniat untuk masuk ke jurusan bahasa di SMA/MA dan menjadi referensi bagi kamu yang sampai sekarang masih bingung mau pilih jurusan apa di SMA/MA nanti.

Silahkan jangan malu-malu apabila kamu mau memberi masukan, saran, kritik, maupun pendapatmu tentang artikel ini di kolom komentar di bawah dan jangan lupa yaa bagikan aritkel ini ke teman-temanmu yang lain (Note:siapa tau ada yang butuh 😉).

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga yang satu ini :


Gambar terkait

Komentar

  1. Assalamualaikum, kak ,saya itu punya minat dan bakat di bidang bahasa,tapi di SMA yang saya pilih tidak tersedia kelas bahasa ,dengan alasan "karena kurang peminatnya" jadi saya masuk kelas IPA ,sebenarnya saya cukup bisa hitung-menghitung tapi kurang nyaman saja,Ditambah untuk Lintas Minat(LM) dipilih oleh pihak sekolah bukan mina pribadi alhasil saya dapet LM Geografi:( tadinya berharap walaupun tidak ada kelas bahasa tapi bisa ikut Lintas Minat Bahasa,tapi malah keluar dari ekspetasi .Jadinya sekarang saya otodidak aja.Segitu saja ,haya ingin menceritakan saja,semoga ada saran atau masukan dari kakak kakak:).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aku lagi bingung juga, mau masuk bahasa tapi ga ada sekolah yang ada kelas bahasa nya😭 kayaknya bakal masuk jurusan IPA... Walaupun MTK aku juga lumayan, tapi sama kaya kakak ga terlalu nyaman😭😭😭

      Hapus
    2. Aku tinggal di Solo dan Aku ingin masuk kelas bahasa, untungnya di Solo ada satu SMA yang menyediakan kelas bahasa yaitu SMA NEGERI 6 SURAKARTA (Presiden Jokowi dulu sekolah disini)

      Hapus
  2. Saat belajar bahasa asing di jurusan bahasa, itu belajar bahasa asing nya dari dasar atau melanjutkan dari SMP?

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum. Hallo kak, terimakasih banyak atas informasi dan pencerahannya. Berkat saya membaca banyak artikel mengenai jurusan yang saya ambil yaitu bahasa dan budaya. Saya jadi merasa yakin bahwa jurusan bahasa itu adalah jurusan istimewa yang tidak bisa orang lain nikmati dan Alhamdulillah sekarang saya menjadi lebih mantap serta nggak insecure jika ditanyai apa jurusan yang diambil. Sekali lagi terimakasih🙏🏻

    BalasHapus
  4. Kak saya tidak begitu bisa bahasa Inggris, apakah tetap bisa masuk bahwa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tidak begitu bisa bhs inggris, tapi Saya ingin bisa bhs inggris, jadi Saya masuk kelas bahasa.. Kelas bahasa bukan hanya untuk orang yg pintar bhs inggris melainkan untuk orang yang ada kemauan untuk bisa bhs inggris...

      Hapus
  5. Assalamualaikum kak. Saya itu minat banget sama yang namanya sastra dan bahasa asing. Cuman sayangnya di daerah saya itu nggak ada SMA dengan jurusan Bahasa (IBB). Saya jadi bingung kak buat menentukan pilihan saya. Jadi menurut kakak saya itu harus masuk SMA dengan jurusan lainnya atau SMK dengan jurusan yang ada. Tolong sarannya ya kak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam
      Aku sebenarnya nggak bisa nih ngasih saran ke kamu soal milih jurusan kayak gini. Soalnya Itu semua adalah pilihanmu. Ini cuma sedikit pendapat dariku yaa, kalau kamu memang udah minat banget nih sama sastra dan bahasa asing tapi di tempatmu nggak ada SMA yang buka jurusan bahasa. Sabar aja dulu untuk sekarang ngga papa kamu pilih jurusan lain yang memang kamu cocok

      Tenang kamu nggak perlu kecewa, untuk mulai belajar sastra dan bahasa asing nanti bisa kamu kejar lagi di perguruan tinggi. kamu disana malah bisa memilih lebih spesifik mau nya belajar sastra atau bahasa apa. Lebih mendalam lagi materinya dari di SMA dan pengajarnya pun lebih sesuai keahliannya

      Hapus
  6. Assalamualaikum kak
    Saya mau tanya kan saya minat banget di jurusan bahasa tapi saya ada kelemahan dalam bahasa Inggris, Gimana cara belajar mudah berbahasa Inggris kak dari dulu nyari segala cara tetep gabisa soalnya

    BalasHapus
  7. di jurusan bahasa ini ga cuman mempelajari bahasa asing kan ka? ada bahasa Inggrisnya juga? soalnya aku suka banget pelajaran b.inggris..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran bahasa inggris udah pasti dapet malah hampir sama kasusnya sama matematika di jurusan ipa, kalo di jurusan bahasa kamu bakal dapet dua mapel bahasa yang inggris wajib sama yang peminatan (bisanya disebut sastra inggris)

      aku lupa nambahin di artikel

      Hapus
  8. Assalamualaikum kak,biasanya di jurusan bahasa suka mengajarkan bahasa asing seperti korea(Hangul)?mohon di jawab🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam, kalau soal itu seperti yang aku tulis di artikel, tergantung sekolah yang mau kamu pilih itu ada gurunya nggak yang bisa mengajar bahasa korea disana

      Aku saranin coba kamu main ke SMA itu sambil tanya-tanya disana atau cari info di website sama media sosialnya biasanya ada

      Hapus
  9. Assalamualaikum kak. Aku dari dulu udh suka banget sama yang namanya bahasa inggris. Jadi udh mantep bakal ngambil jurusan bahasa. Tapi buat bhs indonesia aku enggak terlalu bisa itu nanti bakal problem gk di sma nya? Btw makasih banyak buat infonya kak

    BalasHapus
  10. Kak, buat artikel tentang jurusan wajib dan peminatan dong ^_^

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Itu bahasa asing ya boleh milih, kan?
    Atau dipilihin dari sekolah?

    BalasHapus
  13. Hai kak mau tanya nih, biasanya kalo mau masuk sma/smk jurusan bahasa inggris itu di tes dulu ngga sih?

    BalasHapus
  14. alhamdulillah kak sekarang aku mantap ke jurusan bahasa.Sebenernya pengen nya ke Mipa tp ga lulus tes jadi ke Bahasa. Mama ku emg rada gasuka sama Jurusan Bahasa karna pikirnya jurusan itu jurusan buangan.Aku sempet insecure dan takut ngomong ke keluarga Tapi setelah baca artikel ini aku jadi yakin kalo jurusan Bahasa emang unik dan aku ga minder lagi kalo nanti ditanya jurusan apa. Thx kakk

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum,hallo kk
    dijurusan bhsa ini ga ada pljaran IPAkan dan hitungan nya cm mtk?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama. Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Aga

AYO BERKENALAN DENGAN JURUSAN IPS DI SMA

(Sumber Gambar/Image Source :  https://blog.4tests.com/ged-social-studies-study-prepare/ ) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan membahas tentang salah  satu jurusan di SMA yaitu IPS.  Mungkin sebagian besar dari sobat semua saat ini ada yang mau lulus dari SMP dan sebentar lagi akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu SMA. Akan tetapi sampai sekarang merasa masih bingung dan galau apa sih jurusan yang tepat buat sobat pilih di SMA nanti, apakah IPA, IPS atau Bahasa. Oleh karena itu agar kalian bisa lebih mendapatkan pencerahan ( haha emang gelap sampe harus dicerahin, becanda ), aku memutuskan untuk menulis artikel ini khusus buat kalian. Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun

KENALI LEBIH DEKAT JURUSAN IPA DI SMA SEBELUM MENDAFTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Di postingan sebelumnya aku sudah menjelaskan dengan rinci tentang seperti apa sih jurusan IPS di SMA yang bisa kalian cek dibawah kolom komentar. Nah untuk postingan kali ini aku akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yang bisa dibilang banyak diminati. Yah, apalagi kalau bukan jurusan IPA. Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA. Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini. Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "ngga

MEMILIH SEKOLAH, IKUT ORANG TUA ATAU PILIHAN SENDIRI ?

Photo by  Tatiana Syrikova  from  Pexels Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Pada Tulisan kali ini sesuai dengan judul, aku akan membahas mengenai masalah mendaftar sekolah tetapi ikut pilihan orang tua. Bagi beberapa anak, sepertinya ini menjadi dilema tersendiri. Makanya disini aku coba memberikan sedikit pendapatku melalui artikel ini. Salah satu hal yang mungkin paling sulit untuk dipikirkan setelah lulus dari jenjang sebelumnya adalah memilih sekolah (lagi).  Karena untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih sekolah dan jurusan yang akan kita masuki terlebih dahulu. Biasanya kesulitan ini dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Disaat sedang bingung memikirkan, “ sebaiknya aku masuk SMA atau SMK yah ”, “ mendingan masuk  IPA atau IPS yah ”, atau “enaknya kuliah masuk jurusan apa yah” tiba-tiba orang tua kamu muncul dan bilang “ besok kamu kuliah masuk ke jurusan ini aja ”, “ Ka