Langsung ke konten utama
Selamat datang di Blog KanalKosong | [BARU] Baca: Kurikulum Prototipe 2022 Kayaknya Bagus dan Menyenangkan | Contact Us if find content such as, pictures, photos, articles, or videos that you think are problematic on this blog. We make sure that will be fixed quickly | Dilarang menyalin, menggandakan, elemen berupa tulisan, gambar/foto, dan video apapun dari blog ini tanpa meyantumkan link dan sumber. Dilarang mengambil artikel, gambar, video, foto, apapun dari blog ini untuk tujuan komersial
-----

KENALI LEBIH DEKAT JURUSAN IPA DI SMA SEBELUM MENDAFTAR


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Yo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Di postingan sebelumnya aku sudah menjelaskan dengan rinci tentang seperti apa sih jurusan IPS di SMA yang bisa kalian cek dibawah kolom komentar. Nah untuk postingan kali ini aku akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yang bisa dibilang banyak diminati. Yah, apalagi kalau bukan jurusan IPA.

Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA.

Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini.

Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "nggak mau kalo nggak masuk IPA", saking tingginya minat para pendaftar untuk masuk jurusan ini.

Namun, meskipun popularitas jurusan ini cukup tinggi dikalangan para pendaftar, banyak juga diantara mereka yang tidak mengenal dengan baik seperti apa jurusan IPA itu.

Akibatnya, setelah terlanjur diterima dan bisa masuk di jurusan ini mereka malah merasa salah jurusan karena tidak bisa mengikuti dan memahami dengan baik materi-materi yang diajarkan.

Oleh karena itu sebelum sobat semua memutuskan untuk masuk jurusan mana ketika mendaftar nanti penting sekali untuk mencari info tentang jurusan yang akan dipilih tersebut. Khususnya bagi kamu yang mau masuk ke jurusan IPA ini. Kalau begitu ayo kita langsung bahas bersama tentang jurusan IPA ini.


APA ITU JURUSAN IPA ?


Jurusan IPA adalah salah satu dari tiga jurusan yang ada di SMA. Bagi kamu yang belum tahu, di jurusan ini materi yang diajarkan merupakan ilmu-ilmu eksakta.

Ilmu eksakta adalah ilmu mengenai hal-hal yang bersifat konkret, nyata, dan bisa dibuktikan dengan berbagai percobaan serta penelitian dan kalau dicari dengan metode dan cara yang sama hasil yang didapatkan akan sama, tidak akan berubah.Atau singkatnya biasa disebut dengan ilmu pasti.

Sesuai dengan namanya "Ilmu Pengetahuan Alam", materi yang akan kalian pelajari adalah tentang alam mulai dari cara kerja alam, lingkungan dan ekosistemnya, hukum yang berlaku di dalamnya, serta segala makhluk hidup yang tinggal dan hidup di dalamnya termasuk kita manusia, serta masih banyak yang lainnya.


Oh iya sekedar tambahan, selain berisi mapel Ilmu Alam jurusan ini juga punya mapel matematikanya sendiri. Oleh karena itu selain disebut dengan jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) jurusan ini punya dua nama lagi yaitu, jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam). Jadi jangan bingung kalau ada yang menyebut jurusan ini dengan dua nama itu karena, sebenernya maksudnya sama.


Selanjutnya mari kita bahas mapel-mapel peminatan apa aja sih yang ada di jurusan IPA ini. Jurusan ini memiliki 4 mapel peminatan yang keempat-empatnya bisa dibilang sudah akrab di telinga kalian para calon siswa-siswa SMA.

Hal ini karena materi dalam mapel-mapel tersebut sudah mulai dipelajari di SMP dan dijadikan materi Ujian Nasional. Mapel-mapel tersebut yaitu :


          1. MAPEL FISIKA
Yang pertama adalah mapel fisika. Yah, di SMA nanti apabila kalian bisa diterima di jurusan IPA, fisika adalah salah satu mapel peminatan yang akan kalian lahap setiap minggunya. Mapel ini konon katanya adalah salah satu mapel paling sulit yang ada di jurusan ini itu baru katanya.

Lalu bagaimana dengan materinya, untuk materi yang di ajarkan sebenarnya hanya meneruskan dari apa yang sudah kalian pelajari ketika SMP. Apa kalian masih ingat pelajaran seperti, suhu & kalor, hukum newton, listrik statis.

Di SMA nanti kalian akan mempelajari ulang itu semua sebagai pengantar meskipun hanya untuk beberapa bab saja. Jadi, kalian tidak akan kaget nanti ketika pertama kali diajar.

Di mapel ini sebagian besar materinya adalah hitung-hitungan, jadi tidak heran kalau nanti kalian akan menemukan berbagai macam rumus di buku cetak atau lksnya.

Tapi jangan menganggap mapel ini sama kayak matematika yang isinya hampir semua adalah rumus. Itu salah karena sesungguhnya yang sobat pelajari disini adalah segala hal yang ada dan benar-benar terjadi di sekitar kita bukan cuma sekedar itung-itungan pake rumus.

Seperti contoh, naik turunnya suhu, adanya listrik, adanya medan magnet, gelombang. Hanya saja, sebagian besar cara mempelajarinya ya lewat hitung-hitungan. Kalau kamu sudah suka dan pandai berhitung, atau sudah suka dengan materi-materi fisika sejak SMP, aku yakin kamu akan enjoy menghadapinya.

          2. MAPEL KIMIA
Kedua Kimia, di mapel ini kalian akan banyak mempelajari tentang larutan dan zat pokoknya seputaran itu aja. Mulai dari struktur zat, apa aja yang ada didalamnya mulai dari bagian terkecil yang ada dalam zat, pencampuran zat, dan masih banyak lagi.

Sewaktu SMP kalian juga sudah mempelajari beberapa materi kimia yang seperti ini diantaranya seperti, zat asam dan basa, unsur dan senyawa, atom.

Kalau kamu suka mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan zat dan larutan, kamu mungkin akan menyukai mapel ini, karena di SMA kamu akan mempelajari lebih dalam dan lebih luas lagi tentang dua hal itu.

Selanjutnya sekedar saran dariku, sebaiknya kamu tidak melupakan apa yang sudah dipelajari di SMP sebelumnya salah satunya materi kimia ini. Karena semua itu akan sangat membantumu mempelajari materi SMA nantinya.

          3. MAPEL BIOLOGI
Selanjutnya adalah mapel biologi, kalau di mapel kimia yang dipelajari adalah seputar zat dan larutan di mapel biologi ini yang akan kalian pelajari adalah tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Mulai dari hewan, tumbuhan, jamur, hingga diri kita sendiri (manusia), dan bahkan makhluk sekecil bakteri dan virus pun akan ikut kamu pelajari disini, luar biasa kan. Kalian akan mempelajari banyak sekali hal seputaran itu, lengkap dan sangat-sangat rinci.

Materi tentang tubuh kita saja (manusia) di mapel ini, ada banyak yang harus dipelajari, mulai dari struktur tubuh, dari kulit, darah, hingga tulang, sistem pencernaan, bahkan sistem reproduksi kita juga dipelajari, dari yang pria hingga wanita.

Selanjutnya biar aku kasih tahu buat kalian sedikit saja, biologi ini adalah satu-satunya mapel peminatan di jurusan ini yang hampir tidak ada materi hitung-hitungannya, tapi ya itu kalian harus rajin membaca dan mencatat karena walaupun hitung-hitungannya tidak ada yang "hapalannya" justru banyak.

Aku punya pertanyaan nih buat kamu yang lagi baca artikel ini, apakah kamu adalah salah satu dari sekian banyak anak di indonesia ini yang ingin jadi dokter nantinya ?, kalau iya maka kamu wajib untuk menguasai mapel yang satu ini.

          4. MAPEL MATEMATIKA PEMINATAN
Dan yang terakhir adalah mapel matematika peminatan, mapel yang satu ini juga salah satu mapel yang akan kamu lahap setiap minggu jika bisa diterima di jurusan ini. Jadi selain fisika, kimia, dan biologi, di jurusan ini juga ada mapel matematika peminatannya.

Kamu harus tahu, sebenarnya di SMA itu ada dua mapel matematika, satu adalah matematika wajib yang berisi dasar-dasar yang harus dikuasai oleh semua anak SMA dan yang satunya lagi adalah matematika peminatan ini yang memang ditujukan khusus untuk anak-anak di jurusan IPA guna melatih kemampuan logika, berhitung, dan berpikir mereka dalam mempelajari materi peminatan lain yang sebagian besar membutuhkan kemampuan logika dan berhitung yang baik.

Dari segi isi kedua mapel matematika ini sudah tentu ada perbedaan tapi kalau inti materinya sih kurang lebih sama. Hanya saja, tingkat kesulitan matematika yang satu ini lebih tinggi.

Tapi kalau kamu pintar memahami dan mengutak-atik rumus serta dari dulu memang suka dengan pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka seperti ini aku yakin tidak akan kesulitan malah justru menyukainya.


Nah itu tadi beberapa penjelasan tentang jurusan IPA di SMA yang bisa kita ketahui lengkap hingga penjelasan tiap mapel peminatan yang ada di dalamnya. Aku harap tulisan ini bisa memberi manfaat untuk kita semua dan juga dapat dijadikan referensi bagi adek-adek (mungkin kakak-kakak ) yang mau melanjutkan sekolah ke jenjang SMA untuk memilih jurusan yang tepat saat mendaftar nanti.

Terima kasih yaa udah membaca artikel ini. Kalau ada yang mau menyampaikan baik itu kritik, saran, maupun pendapat, jangan malu ataupun ragu silahkan tulis di kolom komentar di bawah okeey.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga yang satu ini :
Gambar terkait

Komentar

  1. Mau ipa apa ips sama aja.. Ya nggak minn??? Ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap itu betul, sama sama bagus dan penting untuk dipelajari

      Hapus
    2. hallo minn mau tanyaa, kalo saya tuh gasuka ipa cuma suka hitung'an dan suka mencatat banyak gt minn kira' hrs pilih apa ya? btw cita' saya jg pngen bngt jd dokter hehe butuh bngt sarann🙏

      Hapus
    3. Menurut aku itu.. disarankan ke ipa,, kenapa? Soalnya kan di kuliah nanti kalau pengen jurusan kedokteran.. supaya gampang masuk ny
      Maksud ny gampang masuk itu mudah diterima setiap jalur SBMPTN/SNMPTN
      Kalau pengen jadi kedokteran

      Hapus
  2. Min gue ga suka itung-itungan,tapi gue kepengen msuk ipa,tolong beri saran min:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending masuk bahasa aja kalo gitu

      Hapus
    2. Kalo kamu bener-bener ingin masuk IPA ya mulai sekarang coba berusaha buat suka soalnya nanti kalo engga pasti bakal kesulitan yakin deh meskipun, pelajarannya di IPA ngga cuma melulu hitung-menghitung. Tapi kalo udah dicoba masih ngga bisa juga mungkin masuk IPS atau Bahasa bisa dijadiin pilihan. Menurutku begitu 😊

      Hapus
  3. Min gua kurang pande di matematika, klo di fisika msh bs di ikuti, kimia, n biologi msh bs di ikuti, cuma kurang nya di matematima aja min, ,gua mau masuk IPA cuman kekny gbs la hny krn matematika my kurang 😢

    BalasHapus
  4. Kak gmana ya... Aku anak yg baru may masuk SMA....takut salah pilih jurusan...tapi cita-citaku jadi dokter... Emang rincinya jurusan IPA tuh kaya gmana sih kak???minta saran dan penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun Sama Kak Aku Juga Baru Mau Masuk SMA Trus Aku Bingung Mau Milih Jurusan Apa.
      Cita² Aku Kan Pengen Jadi Dokter.Otomatis Jurusan yg harus di pilih adalah IPA.
      Tapi Aku Tuh Kekurangannya Tuh Nggak Bisa Ngitung Cepet

      Hapus
  5. Makasih, sangat membantu! Cuma saya merasa ada yang kurang sedikit. Heheh.. Tapi pokoknya intinya, TERIMAKASIH. 😊🙏 .

    BalasHapus
  6. Waduh...
    ..
    Ehmm mungkin ipa jurusan yang banyak dicari di jenjang Sma

    BalasHapus
  7. Min saya masih bingung saya harus memilih bjurusan ipa aiipa atau ips??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang emang gitu, walaupun udah tahu jurusannya masih suka bingung "enaknya mending pilih masuk mana yhaa?". Aku juga sama kok dulu kaya gitu. Kalo dari aku sih cuma bisa ngasih saran pilih jurusan yang emang bener kamu mau, itu aja. Kalo masih bingung kamu bisa sambil baca postingan yang lain di blog ini siapa tau bisa membantu kamu memantapkan pilihan

      Hapus
  8. Kalau IPA aq gx terlalu bisa sih. Mau masuk ips gak diizinin orang tua. Bingung saya😕❓

    BalasHapus
    Balasan
    1. jng ngikutin kata orng tua,mending ngikutin kata hati lu aja

      Hapus
    2. iya sebenarnya tuh semua jurusan bidang apapun itu pasti bakal ada yang nm nya mtk mau smk atau sma terus mau kita masuk jurusan apa itu bakal ada contoh jrusan perkantoran pemasaran walapun terlihat gitu doang juga ada mtk nya itu menurut pandangan sy sy juga tahun ini insya allah mau msk jurusan ipa walaupun mtk sy lelet tp dari dulu paling suka sama seneng klo udh belajar ipa tp itu tergantung orangnya sendiri seblum ny maaf klo ada yang salah dari perkataan saya

      Hapus
  9. Emang nya di IPA itu hanya hitung menghitung yaaa min??? Dan juga aku dengar dengar kalau IPS itu banyak nya menghapal ya min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di ipa banyak hitung dan ngafalin rumus
      klo ips itu lebih bnyk hapalannya cntoh ngapalin sejarah dll

      Hapus
  10. klo jurusan ipa jumlah pelajarannya brp min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bntu jawab ka setau saya ada 3 yaitu fisika kimia biologi ka

      Hapus
  11. aku udh masuk ipa cuma msh ragu di fisika nya kasih saran donk minnn,bisa gk ragu masuk ipa nya nihh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang bikin kamu ragu sama fisika, fisika itu asyik banget tau. Ada pepatah bilang "Jangan menilai buku hanya dari sampulnya", jadi jangan melihat fisika hanya dari rumusnya. Ibarat buah durian, luarnya aja yang keliatan kasar tapi sebenarnya dalamnya manis, itulah fisika 😁

      Hapus
    2. Dri pas awal kelas 7 gua udh ga ngerti sm fisika min, dan males aja gtu .. tapi kadang masih usaha kalo yg rumusnya gampang, kira kira bisa kekejar ga ya materi fisika kalo gue mau masuk jurusan IPA?

      Hapus
    3. Terimakasih Kak @Grandy, komentar dan kalimat dalam blog kakak itu benar" memberi inspirasi, menenangkan, dan memberi semangat kepada mereka yang sedikit mau berusaha.

      Hapus
  12. Terima kasih kak, sangat membantu

    BalasHapus
  13. Kak, kalau cita cita nya ingin jadi seorang guru, apakah boleh pilih jurusan ipa?
    Tolong kak penjelasan nya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry aku yg jawab, bisa aja kak .. guru bidang study ipa?

      Hapus
  14. Emang jurusan ipa harus ada matematika nya ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iya kan ipa itu kurang lebih pengertiannya segala sesuatu yang bisa di pecahkan melalui logika😉

      Hapus
  15. min gua ga terlalu suka itung'an tapi ortu selalu ngotot biar msuk IPA trus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama:( padahal aku sendiri gaada bakat di fisika,kimia,mtk,sama biologi:(

      Hapus
    2. gw saranin jangan kalo memang ga suka, mending lu masuk jurusan yng lu suka, klo soal orng tua yng ga setuju lu harus buktikan kalo masuk di jurusan selain ipa ga selalu buruk

      Hapus
    3. Kalau masih bingung sukanya dimana gimana? :( ortu ga terlalu nuntut sih, yg penting seterah aku aja.. Tp masalahnya akunya gatau sukanya apa:( biasa aja sih IPA, ips, bahasa.. Kdg suka, kdg ngga:( bingung bgt..

      Hapus
  16. Min aku pengen banget masuk IPA tapi kekurangan nya aku ga terlalu bisa di matematika nya min, tolong kasih saran donk:(

    BalasHapus
  17. Min gue masih bingung mau pilih ipa atau ips. Mau ipa takut gak kuat tiap hari makan angka:(
    Kalo ips sih boleh boleh aja sama ortu, tapi masih ragu. Ada saran gak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama:( aku juga gitu.. Ortu ga prnh nuntut buat masuk jurusan apapun ktanya trsrh aku aja, kan aku yg jalanin.. Tp mslhnya ga ada satupun yg aku suka:( smuanya kayak biasa aja gitu.. Kdg suka kdg ngga..

      Hapus
  18. Pengen banget masuk IPA tapi otak suka ga mendukung soalnya aku pengen jadi masinis aku liat di google syarat nya lulusan IPA ywdh jadi kepengen masuk IPA mulai hari ini aku akan giat belajar IPA semoga bisa memahami materi IPA yg ada di SMA aamiin ya Allah 😭

    BalasHapus

  19. Aku mau masuk ipa matematika bisa klok jelasin itu jelas fisika juga biologi apalagi klok di kasi kek perumpamaan gitu ngajarnya tapi klok yg ngajar kurang jelas aku nya jdi males gmn dong min mau masuk ips males hafalan bingung jadinya

    BalasHapus
  20. Aku masih bingung mau masuk mana sdgkan lulus tinggal bbrpa bulan lagi:( pgn masuk IPA tp gakuat sma fisika nya, soalnya ga terlalu suka fisika.. Dan krna bljrnya lg daring gini, mapel IPA tuh buat aku satu2nya mapel yg otak aku susah buat nerima:( pgn msuk ips tapi gasuka ngehafal2 sejarah gitu:( bingung bgt.. Ad yg bisa kasih saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah sama saya mau masuk jadi kowat eh lihatnya harus masuk ipa cuma saya ga bisa berhitung cuma kalo biologi saya bisa banget.
      Jadi setidaknya saya tetap memilih ipa walaupun berat setidaknya saya usaha untuk cita cita saya ✅

      Hapus
    2. nah bnr tuh ka saya insyaallah mau masuk tni ad selepas lulus SMA ini sy suka ipa tp kalau sudh msk fisika rada down tp gpp ttp smngt alhamdulillah sy dari sd ipa g pernah dpt nilai jelek klo d rapot pling jelek itu 70 pling tinggi 90 ijasah sd sy ipa nya 84 nah sy tahun ini mau ipa sy mudah2an bgs juga sebelumnya maaf bukn pmer ya ka atau abang ini pengalaman sy selama suka mapel ipa maaf sebelumnya intinya semangat walaupun kita ga bisa ttp berusaha inget man jadda wa jadda siapa yang bersungguh2 pasti akan berhasil jadi buat kk nya semangat ya ngejar cita cita jadi kowat mudah mudahan suatu saaat bisa bertemu ka semangatt yaaaa buat smuanya yang liat yang baca ini semangat buat belajar semangattttt 45 heheheh terimakasih sblmnya dah baca dengerin ataupun lihat thqu kaa

      Hapus
  21. Min aku mau msk SMA tp bingung IPA atau IPS cita cita aku pengen jadi artis dan kalau aku baca baca itu lbh cocok buat jurusan IPS trs gmn ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbenarnya klo msuk ipa gk ada kaitan nya sama artis, klo jdi artis biasanya dilindungi oleh perusahaan trtentu jdi yg cocok itu jurusan ips ya.. Kan slalu ngebahas interaksi sosial, tntang netizen netizen lah😅😄

      Hapus
  22. Gua dari smp suka banget sama pelajaran IPA
    Cmn pas mau masuk SMA bingung banget harus pilih apa masih ragu😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama koq hhaha, ya krna matematika aku kurang sih.. Gpp ya lah yg pnting suka sama IPA koq, klo suka lama lama psti suka matematika jgaa. Emng susah sih matematika tpi hrus trima knyataan, kdang klo IPA itu mnuntun org untuk disiplin spya dibekali masa depan.. Semangatt, jalani hidup yg pnuh tantangan ini❤❤

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama. Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Aga

HAL-HAL YANG HARUS KAMU TAHU DARI JURUSAN BAHASA DI SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA, SMK, atau MA setelah lulus dari SMP atau MTs, memilih jurusan yang akan dituju adalah suatu hal yang wajib sobat lakukan. Jurusan kalau diibaratkan mirip seperti sebuah gerbong kereta yang melindungi sekaligus membawa para penumpangnya agar sampai di tempat yang ingin dituju dengan aman dan nyaman. Bedanya kalau gerbong kereta mengantarkan penumpangnya ke sebuah tempat sedangkan jurusan “mengantarkan penumpangnya” menuju masa depan yang diinginkan.  Oleh karena itu, mengingat pentingnya memilih jurusan ini jangan sampai sobat semua memilih “gerbong” yang salah, bisa-bisa nanti nyasar di stasiun yang salah ( hiyahiyahiya 😁). Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang akan dimasuki, carilah informasi sebanyak mungkin tentang seperti apa jurusan yang akan dipilih itu. Pilihl

AYO BERKENALAN DENGAN JURUSAN IPS DI SMA

(Sumber Gambar/Image Source :  https://blog.4tests.com/ged-social-studies-study-prepare/ ) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan membahas tentang salah  satu jurusan di SMA yaitu IPS.  Mungkin sebagian besar dari sobat semua saat ini ada yang mau lulus dari SMP dan sebentar lagi akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu SMA. Akan tetapi sampai sekarang merasa masih bingung dan galau apa sih jurusan yang tepat buat sobat pilih di SMA nanti, apakah IPA, IPS atau Bahasa. Oleh karena itu agar kalian bisa lebih mendapatkan pencerahan ( haha emang gelap sampe harus dicerahin, becanda ), aku memutuskan untuk menulis artikel ini khusus buat kalian. Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun

MEMILIH SEKOLAH, IKUT ORANG TUA ATAU PILIHAN SENDIRI ?

Photo by  Tatiana Syrikova  from  Pexels Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Pada Tulisan kali ini sesuai dengan judul, aku akan membahas mengenai masalah mendaftar sekolah tetapi ikut pilihan orang tua. Bagi beberapa anak, sepertinya ini menjadi dilema tersendiri. Makanya disini aku coba memberikan sedikit pendapatku melalui artikel ini. Salah satu hal yang mungkin paling sulit untuk dipikirkan setelah lulus dari jenjang sebelumnya adalah memilih sekolah (lagi).  Karena untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih sekolah dan jurusan yang akan kita masuki terlebih dahulu. Biasanya kesulitan ini dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Disaat sedang bingung memikirkan, “ sebaiknya aku masuk SMA atau SMK yah ”, “ mendingan masuk  IPA atau IPS yah ”, atau “enaknya kuliah masuk jurusan apa yah” tiba-tiba orang tua kamu muncul dan bilang “ besok kamu kuliah masuk ke jurusan ini aja ”, “ Ka