Langsung ke konten utama
Selamat datang di Blog KanalKosong | [BARU] Baca: Kurikulum Prototipe 2022 Kayaknya Bagus dan Menyenangkan | Contact Us if find content such as, pictures, photos, articles, or videos that you think are problematic on this blog. We make sure that will be fixed quickly | Dilarang menyalin, menggandakan, elemen berupa tulisan, gambar/foto, dan video apapun dari blog ini tanpa meyantumkan link dan sumber. Dilarang mengambil artikel, gambar, video, foto, apapun dari blog ini untuk tujuan komersial
-----

TERNYATA DI SMA ITU KAYAK GINI LOH


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Benarkah sama seperti yang orang katakan. SMA adalah jenjang sekolah menengah atas yang selalu dijadikan tujuan utama selanjutnya bagi kalian yang baru lulus dari SMP. Ketimbang yang lainnya seperti SMK, MA atau MAK.

Lalu mungkin kalian saat ini sedang bingung di dalam hati. Sebenernya SMA itu kayak gimana sih yaa, ada apa aja sih disana.. . Mungkin ada dari kalian yang punya kakak yang sudah SMA atau kalau lihat di jalan ada anak SMA lewat pernah berpikir betapa kerennya jadi anak SMA, bahkan tidak hanya terlihat keren tapi juga kelihatan dewasa banget, dan mungkin ada juga dari kalian yang punya temen kakak kelas yang sudah didaulat sebagai anak SMA kalau lagi pakai seragam keliatan beda banget dari waktu masih di SMP, perubahannya 180 derajat kalau yang perempuan kesannya jadi tambah cantik, kalau yang laki-laki jadi tambah keren, dewasa yang padahal dulu nggak seperti itu. rasanya beda banget sama anak SMP apa lagi SD. Kelihatannya mereka juga kegiatannya banyak dan sibuk. Mungkin itu juga yang bikin kalian jadi penasaran "SMA itu kayak gimana sih yah?".

Oleh karena itu sekarang akan membahas tentang hal hal apa saja yang bisa sobat temui di SMA agar bisa jadi gambaran buat kalian biar enggak penasaran. Berikut ulasannya.


1.  JURUSANNYA ADA TIGA (TAPI ADA JUGA YANG CUMA DUA)









Mungkin hal ini sebagian besar kalian sudah tau, ya apalagi kalau bukan jurusan peminatan di SMA, secara umum seperti yang kita ketahui di SMA ada tiga jurusan peminatan yang masing-masing berbeda dan punya ciri khasnya tersendiri. Pertama, ada jurusan IPA yang titik fokusnya adalah materi-materi eksakta atau yang mungkin lebih kalian kenal itung-itungan. Kedua, jurusan IPS yang berisi materi pelajaran sosial. Ketiga, jurusan Bahasa yang tentu saja yang dipelajari adalah bahasa. Biasanya setiap sekolah punya mapel peminatan bahasa yang berbeda-beda. Ada beberapan bahasa yang biasanya ada dan diajarkan diantaranya, pelajaran bahasa jepang, jerman, prancis dan lainnya. Tapi tidak hanya mapel bahasa karena dijurusan bahasa juga ada beberapa mapel soial dan budaya yang akan diajarkan.


2.  PELAJARANNYA ADA BANYAK

Sumber gambar/Source Image 

Bagi sebagian dari kalian pelajaran di SMP mungkin sudah termasuk sangat banyak ada sekitar 12 materi pelajaran seperti matematika, indonesia, dan lainnya. Nah kalau di SMA pelajaran kalian nanti akan tambah 2 atau 3 buah karena pelajaran IPA di SMA akan dibelah jadi tiga sedangkan pelajaran IPS akan dibelah jadi empat. Kalau di bahasa juga ada tambahannya lagi kayak bahasa asing, antropologi. Itu semua tentu di pelajari di jurusannya masing-masing jadi tergantung kalian jadi anak IPA, IPS atau anak BAHASA. Kalau jadi anak IPA ya akan merasakan yang IPA kalau yang IPS ya yang IPS begitu juga dengan anak Bahasa. Belum lagi kalau ditambah dengan pelajran lintas minat/jurusan, jadi tambah banyak deh.


3.  GURU YANG MENGAJAR BERBEDA DISETIAP JURUSAN


Sumber gambar/ Source image

Sistem mengajar guru di SMA sama seperti di SMP yaitu, satu guru mengajar satu mata pelajaran. Tetapi berbeda dengan di SMP yang mungkin satu guru bahkan bisa mengajar di semua kelas di sekolah itu. Sedangkan di SMA ada sedikit perbedaan yaitu setiap jurusan punya gurunya sendiri-sendiri. Yaitu, mereka yang mengajar mapel peminatan kayak ekonomi di IPS dan fisika di IPA. Hal yang harus kamu tahu sekarang, guru yang mengajar materi peminatan IPS tidak akan pernah mengajar di jurusan IPA. begitu pula guru peminatan di jurusan IPA dan Bahasa mereka mengajar di jurusannya masing-masing.


4.  BANYAK KEGIATAN ORGANISASI DAN EKTRAKURIKULER

Hasil gambar untuk wallpaper permainan bola besar dan kecil

Mungkin kalian sudah mengenal organisasi seperti OSIS, ROHIS dan ekstrakurikuler seperti Pramuka, Karate, Basket dan lain-lainnya. Di SMA juga ada itu semua dan mungkin bahkan lebih banyak dari yang ada di SMP kalian. Di SMA hampir seluruh kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi dijalankan oleh anggotanya  sedangkan guru agak tidak terlalu ikut campur dan hanya bertindak sebagai pembimbing dan pengawas agar ekskul tersebut dapat berjalan lancar. Di SMA juga biasanya jumlah ekstrakurikulernya sangat banyak dan beragam bahkan sampai-sampai bisa bikin kamu bingung mau ikut yang mana. Oleh karena itu kalo kamu sekolah di sma, jangan sampe kamu menyianyiakan kesempatan ini dengan tidak mengikuti satupun ekstrakurikuler.


5.  DRAMA KISAH ASMARA
Gambar terkait

Pacaran dan rasa saling suka itu adalah hal umum yang mungkin bisa sedikit menggambarkan bagaimana kehidupan SMA itu. Di sinetron, anime maupun film luar negeri juga sering menampilkan masa SMA sebagai latar dari berbagai film percintaan. Sehingga terkadang ada melekatkan masa ini dengan kehidupan pacaran. Memang hal seperti ini ada. Hampir semua anak SMA pernah mengalami rasa saling suka pada lawan jenis baik itu ke temen sekelas maupun yang beda kelas, ya itu karena mereka biasanya sedang dalam masa pubertas. Tapi kalo pacaran aku ragu, karena banyak juga mereka-mereka yang menjomblo karena berbagai alasan ada yang tidak bisa ngungkapin perasaannya, ada yang perasaannya ditolak oleh sang pujaan hati ada juga sebagian lainnya yang menganggap kalau pacaran tidak perlu alasan mereka, sebagai pelajar tugasnya ya belajar dan itu adalah hal yang lebih penting.


6.  BANYAK TEMAN DARI BERBAGAI DAERAH
Gambar terkait
Sumber gambar/Source image

Di SMA kalian akan bertemu teman dari berbagai daerah yang beragam, ada yang berasal dari luar kota, kecamatan, provinsi bahkan dari pulau lain. Mereka merantau dari daerahnya karena berbagai alasan ada merantau karena ingin bersekolah di tempat yang lebih baik, ada yang karena ingin mencari suasana yang baru, dan ada juga yang karena pekerjaan orang tua yang mengharuskan pindah dari daerah asalnya. Oleh karena itu teman pergaulan kalian akan semakin luas, kalian bisa saling mengenal dan berteman sama anak dari daerah lain yang budaya, kebiasaan, dan bahasanya sangat beda banget.


7.  SERAGAMNYA KEREN

Ya, seperti yang udah kalian tahu SMA sangat identik sekali dengan warna seragamnya yang sangat keren dan khas yaitu baju putih dengan dasi dan celana berwarna abu-abu yang sering disebut seragam putih abu-abu. Seolah kalau bukan putih abu-abu seragamnya maka bukan SMA namanya. Selain identik dengan SMA, seragam ini juga memberi aura yang berbeda pada yang memakainya, seperti kelihatan lebih dewasa, kelihatan kalem dan tenang.

oke itu beberapa gambaran tentang SMA yang bisa kita ketahui. Semua itu tentu tidak cukup untuk menggambarkannya secara keseluruhan karena banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dengan tuilsan dan kata-kata. Terimakasih sudah membaca, sekian,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

  1. Kak..aku tuh sebenarnya suka banget sama pelajaran IPA tapi lebih ke biologi karena aku juga dari kecil pengen jadi dokter, tapi aku tuh kurang suka sama fisika karena jujur aja aku kurang suka sama hitung-hitungan, tolong dong kak sarannya🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama. Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Aga

HAL-HAL YANG HARUS KAMU TAHU DARI JURUSAN BAHASA DI SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA, SMK, atau MA setelah lulus dari SMP atau MTs, memilih jurusan yang akan dituju adalah suatu hal yang wajib sobat lakukan. Jurusan kalau diibaratkan mirip seperti sebuah gerbong kereta yang melindungi sekaligus membawa para penumpangnya agar sampai di tempat yang ingin dituju dengan aman dan nyaman. Bedanya kalau gerbong kereta mengantarkan penumpangnya ke sebuah tempat sedangkan jurusan “mengantarkan penumpangnya” menuju masa depan yang diinginkan.  Oleh karena itu, mengingat pentingnya memilih jurusan ini jangan sampai sobat semua memilih “gerbong” yang salah, bisa-bisa nanti nyasar di stasiun yang salah ( hiyahiyahiya 😁). Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang akan dimasuki, carilah informasi sebanyak mungkin tentang seperti apa jurusan yang akan dipilih itu. Pilihl

AYO BERKENALAN DENGAN JURUSAN IPS DI SMA

(Sumber Gambar/Image Source :  https://blog.4tests.com/ged-social-studies-study-prepare/ ) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan membahas tentang salah  satu jurusan di SMA yaitu IPS.  Mungkin sebagian besar dari sobat semua saat ini ada yang mau lulus dari SMP dan sebentar lagi akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu SMA. Akan tetapi sampai sekarang merasa masih bingung dan galau apa sih jurusan yang tepat buat sobat pilih di SMA nanti, apakah IPA, IPS atau Bahasa. Oleh karena itu agar kalian bisa lebih mendapatkan pencerahan ( haha emang gelap sampe harus dicerahin, becanda ), aku memutuskan untuk menulis artikel ini khusus buat kalian. Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun

KENALI LEBIH DEKAT JURUSAN IPA DI SMA SEBELUM MENDAFTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Di postingan sebelumnya aku sudah menjelaskan dengan rinci tentang seperti apa sih jurusan IPS di SMA yang bisa kalian cek dibawah kolom komentar. Nah untuk postingan kali ini aku akan membahas tentang salah satu jurusan di SMA yang bisa dibilang banyak diminati. Yah, apalagi kalau bukan jurusan IPA. Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA. Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini. Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "ngga

MEMILIH SEKOLAH, IKUT ORANG TUA ATAU PILIHAN SENDIRI ?

Photo by  Tatiana Syrikova  from  Pexels Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat semua, selamat datang di blog KanalKosong. Pada Tulisan kali ini sesuai dengan judul, aku akan membahas mengenai masalah mendaftar sekolah tetapi ikut pilihan orang tua. Bagi beberapa anak, sepertinya ini menjadi dilema tersendiri. Makanya disini aku coba memberikan sedikit pendapatku melalui artikel ini. Salah satu hal yang mungkin paling sulit untuk dipikirkan setelah lulus dari jenjang sebelumnya adalah memilih sekolah (lagi).  Karena untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih sekolah dan jurusan yang akan kita masuki terlebih dahulu. Biasanya kesulitan ini dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Disaat sedang bingung memikirkan, “ sebaiknya aku masuk SMA atau SMK yah ”, “ mendingan masuk  IPA atau IPS yah ”, atau “enaknya kuliah masuk jurusan apa yah” tiba-tiba orang tua kamu muncul dan bilang “ besok kamu kuliah masuk ke jurusan ini aja ”, “ Ka